PENGERTIAN AGRONOMI


Agronomi merupakan satu cabang ilmu pertanian yang membicarakan tentang penelitian tanaman dan tanah dimana tanaman tersebut tumbuh.  Menurut Adjad (1976) Agronomi sebagai cabang ilmu-ilmu pertanian yang mencakup  pengelolaan  lapang  produksi dan menghasilkan produksi maksimum.
Setyati (1982) mengatakan ilmu agronomi merupakan ilmu yang mempelajari cara pengelolaan tanaman pertanian dan lingkungannya untuk memperoleh produksi maksimum. Produksi maksimum bermakna baik kuantitatif maupun kualitatif.
Agronomi (berasal dari bahasa Latin yaitu Agro yang berarti, 'lapangan', dan νόμος Yunani, nomos, yang berarti "hukum"). Agronomi juga dikenal sebagai teknik pertanian, yang merupakan bagian dari pengetahuan dalam ilmu terapan yang mengatur berbagai praktek pertanian dan peternakan. 
Agronomi merupakan ilmu yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses produksi dan pengolahan produk pertanian dan makanan, berdasarkan studi ilmiah dan teknologi fisik, kimia, biologi, pengaruh ekonomi dan sosial atau mempengaruhi proses produksi . Subjek agronomi adalah fenomena sosial atau agroekosistem proses yang kompleks, yang dipahami sebagai model yang spesifik dari campur tangan manusia di alam, untuk produksi makanan dan bahan baku. 

Ahli agronomi bekerja untuk mengembangkan metode yang akan memperbaiki penggunaan tanah dan meningkatkan produksi makanan dan tanaman serat. Mereka melakukan penelitian penggiliran tanaman, pengairan dan pembuangan, reproduksi tanaman, klasifikasi tanah, penyuburan tanah, kontrol rumput, dan lain-lain.

Related Posts:

0 Response to "PENGERTIAN AGRONOMI"

Post a Comment